Sabtu, 20 Februari 2010

Mengapa Facebook?

----------------------------------------------------------------------------------------


Facebook sudah banyak dikenal oleh orang-orang banyak dan semakin banyak yang meramaikannya belakangan ini. Dari muda, tua, sampai anak-anak balita sekarangpun bisa punya facebook.

Facebook pertama ditemukan oleh mahasiswa-mahasiswa Harvard university yang pada awalnya membuat jejaring sosial lewat dunia maya khusus buat mahasiswa-mahasiswa Harvard saja. Tetapi setelah sekian lama facebook menyebar ke universitas-universitas lainnya, lalu mulai digunakan oleh anak-anak SMA disana dan baru kemudian sampai dikenal oleh dunia. Facebook sendiri sebenarnya hanya diperuntukkan untuk anak berumur 13 tahun keatas, walaupun banyak anak sd sekarang yang juga sudah punya facebook karena memang hanya dengan memasukkan tanggal lahir yang berbeda, asal 13 tahun keatas semua orang bisa membuat facebook. Sampai sekarang tercatat lebih dari 400 juta pengguna facebook di seluruh dunia.


Memang banyak keuntungan dari facebook. Facebook mempermudah kita dalam memperkenalkan diri kita kepada orang lain. Tapi justru karena terlalu mudah itulah facebook benar-benar rentan digunakan sebagai alat kejahatan di dalam dunia maya. Banyak kasus penculikan, kejahatan seksual, penggunaan kata-kata kasar yang merugikan orang lain di facebook. Beberapa faktanya seorang gadis berumur 18 tahun dituntut 5 bulan penjara karena menghina pacarnya melalui facebook. Ini juga sudah beruntung 5 bulan penjara karena sang gadis dianggap masih di bawah umur sehingga tidak dikenakan undang-undang ITE. Lain lagi di daerah jember, seorang mahasiswa hukum semester 10 dituntut 4 tahun penjara karena statusnya di facebook yang dianggap mencemarkan nama baik oleh pembina marching band di kampusnya.

Pengamanan dalam facebook juga relatif rendah. Faktanya facebook dapat dengan mudah dibobol oleh orang awam. Sudah ada softwarenya sendiri bagaimana cara membobol facebook dan bahkan softwarenya dapat dengan mudah didapatkan melalui internet. Faktanya, teman SMA saya sendiri sekarang kerjaannya duduk dirumah dan dapat uang lewat facebook. Caranya? dia membobol facebook orang lain, lalu mengambil chip game poker korbannya. Perlu anda ketahui chip poker dapat diperjualbelikan lewat rupiah, sehingga sekarang dia bisa menghasilkan uang sendiri di rumah.

Prostitusi juga mendapatkan tempat yang nyaman di facebook. Para wanita pekerja seks komersial banyak yang memanfaatkan facebook sebagai sarana dalam menggaet hidung belang. Dalam mesin pencari di facebook dapat dengan mudah ditemukan grup facebook yang menyediakan pelayanan seksual.

Kejahatan lainnya di facebook adalah pembuatan facebook dengan status dan profil palsu untuk tujuan-tujuan tertentu. Faktanya, seorang pria di Amerika menyamar sebagai seorang gadis di facebook. Dia menggunakan facebook untuk merayu laki-laki agar bersedia mengirimi foto-foto bugil mereka. Dan hasilnya 31 orang laki-laki menjadi korban. Setelah mendapatkan foto-foto bugil mereka, pria ini memanfaatkan korbannya untuk memenuhi kepuasan seksualnya sesama pria, dengan ancaman akan menyebarkan foto-foto tersebut jika mereka tidak mau melayaninya.

Penculikan, dan penjualan anak untuk bisnis seks juga marak melalui facebook. Faktanya, seorang siswi SMA di Samarinda diculik dan dipaksa melakukan hubungan seksual oleh teman facebooknya. Sedangkan di jambi, seorang pria hilang setelah berkenalan dengan wanita muda lewat facebook. Fakta penjualan anak lewat facebook dituturkan sendiri oleh pelakunya, Arist. "Dengan janji-janji palsu, chatting dulu, mengajak makan, jalan-jalan, kalau sudah mau melakukan hubungan (seks dengan pelaku), nanti difoto-foto saat berhubungan," ujarnya. Setelah mendapatkan foto korban dipaksa untuk dijual oleh pelaku dengan ancaman akan disebarkan foto-foto tersebut jika tidak mau mengikuti kemauan pelaku. Terkadang ia juga tidak menjual korbannya, "Ada yang untuk transaksi, ada yang 'dipakai' sendiri, ada yang dibawa ke luar daerah," ujarnya. Waah ngeri banget tuh kalau orang yang kita sayangi jadi korban kejahatan di facebook.

Karena itu di beberapa negara facebook dilarang, contohnya di Syria, China, Vietnam, dan Iran. Dan untuk beberapa daerah tertentu facebook juga dilarang untuk dipergunakan



Penulis tahu, banyak keuntungan dalam menggunakan facebook tapi sekarang anda sudah tahu banyak pula kerugian dan bahayanya bukan? Jika anda ingin memperkenalkan diri anda atau bersosialisasi dengan orang lain banyak sarana lain yang bisa anda pergunakan bukan? Jadi.. Mengapa facebook?

----------------------------------------------------------------------------------------

catatan: fakta diatas bukan sembarang tulis, berikut sumbernya...

http://berita.liputan6.com/daerah/201002/264552/Antisipasi.Kejahatan.di.Facebook.Warnet.Dirazia
http://uangmayainternet.blogspot.com/2009/02/facebook-dipakai-sebagai-sarana.html
http://berita.liputan6.com/progsus/201002/264282/Facebook.Jejaring.Kejahatan
http://www.banjarmasinpost.co.id/read/artikel/35087/polri-sinergikan-maraknya-kejahatan-facebook-dengan-kemkominfo
http://www.arrahmah.com/index.php/news/read/4977/facebook-ladang-kejahatan-cyber
http://www.indosiar.com/fokus/84083/sidang-facebook-terdakwa-dituntut-5-bulan
http://berita.liputan6.com/daerah/201002/264646/Siswi.SMA.Diculik.dan.Diperkosa.Teman.Facebook
http://buser.liputan6.com/berita/201002/264502/Temui.Teman.Facebook.Siswi.SMA.Hilang
http://regional.kompas.com/read/2010/02/17/12175414/Penjualan.Anak.untuk.Bisnis.Seks.Melalui.Facebook
http://en.wikipedia.org/wiki/Facebook

0 komentar :

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan baik, benar, dan sopan :D

 
;