Minggu, 14 November 2010

Cara Posting Tulisan & Tugas

Buat temen-temen mahasiswa Gunadarma. Terutama yang masih bingung cara posting tulisan dan tugas, atau masih ragu tulisan & tugasnya masuk atau tidak, kalian datang ke tempat yang tepat.

Mata kuliah Softskill seperti Ilmu Budaya Dasar & Ilmu Sosial Dasar mengharuskan kita untuk membuat tulisan dan tugas di blog dan setelah itu posting ke studentsite. Saya akan jelaskan langkahnya mulai dari awal

1. Membuat Blog
Bagi yang belum punya blog, langsung bikin aja blog anda di blogspot ini, gratis dan gampang. Ikuti aja langkah-langkah bikin blognya.
www.blogger.com/signup.g

2. Membuat Tulisan/Tugas di Blog
Tulisan berbeda dengan tugas. Tulisan bersifat bebas, bisa puisi, cerpen, lirik lagu, bahkan curhatan anda sekalipun bisa anda masukkan sebagai tulisan. Sedangkan tugas tidak bersifat bebas. Tema dari tugas ditentukan oleh dosen masing-masing, dan banyaknya tugas yang harus di posting juga tergantung dari permintaan Dosen anda masing-masing.

Lanjutan dari yang tadi, setelah selesai membuat Blog, masuk ke blog anda lalu buat Entri Baru.
Screenshootnya ada di bawah ini


Klik "ENTRI BARU"
Setelah itu akan muncul webpage seperti dibawah ini, Masukkan judul dan isi tulisan/tugas anda...




Anda juga bisa memasukkan Gambar, Video, maupun Link. Semuanya lengkap tepat berada di bagian bawah Judul. Jika sudah selesai klik "TERBITKAN ENTRI"

3. Posting Tulisan di Studentsite

Naaah, setelah sudah selesai membuat tugas atau tulisan di blog, saatnya anda mempostingnya melalui Studentsite. pertama, masuk ke studentsite anda lalu pilih menu "Tulisan" seperti screenshoot dibawah ini



Setelah itu akan muncul web page seperti screenshoot dibawah ini...



lihat di bagian bawah webpage tersebut...
1.masukkan Judul tulisan yang anda buat
Contoh : Cara Posting Tulisan & Tugas
2. masukkan alamat URL dari tulisan yang anda buat tadi.
Contoh : http://catatan-syam.blogspot.com/2010/11/cara-posting-tulisan-tugas.html
Hal yang penting adalah Masukkan alamat URL yang akurat, langsung menuju tulisan yang anda buat. Jangan sampai URL yang anda masukkan nyasar atau masuk ke halaman web kosong. Disarankan untuk mengcopy langsung alamat URL dari tulisan yang anda buat, lalu pastekan ke kolom URL yang ada di studentsite. Disarankan untuk tidak memasukkan alamat URL dengan menulisnya secara manual.
3. Setelah semuanya selesai klik submit

Tepat diatasnya dapat anda lihat tulisan-tulisan yang telah anda posting.

4. Posting Tugas di Studentsite

Caranya hampir sama dengan posting tulisan. Pertama-tama pilih menu Tugas seperti screenshoot di bawah ini.



Setelah itu akan muncul web-page seperti di bawah ini...



Masukkan judul tugas anda, sesuai dengan yang diminta oleh dosen. Masukkan alamat URL dari tugas yang anda buat lalu masukkan Mata Kuliahnya. Setelah semuanya selesai tinggal klik "Submit"

Tepat diatasnya dapat anda lihat tugas-tugas yang telah anda posting.

5. Mengecek Tugas & Tulisan

Sangat penting untuk mengecek apakah tulisan & tugas yang anda buat sudah masuk atau tidak. Caranya adalah dengan membuka webpage : (NPM ANDA).student.gundarma.ac.id
contoh : 53409315.student.gunadarma.ac.id

Lihat di menu Tulisan / Tugas, jika tulisan/tugas anda sudah masuk maka akan tercantum seperti screenshoot di bawah ini...

Mengecek Tulisan


Mengecek Tugas


Kalau kalian udah memastikan tugas dan tulisannya tercantum di web-page diatas, selesai deh...
Semoga bisa membantu :)

2 komentar :

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan baik, benar, dan sopan :D

 
;