Minggu, 28 November 2010

Apa itu Teknik Informatika


Bagi kalian yang ingin memilih jurusan Teknik Informatika (TI), tetapi masih bingung apa sebenarnya Teknik Informatika itu. Disini saya akan bagi-bagi pengalaman kepada kalian. Saya sendiri adalah mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Gunadarma, banyak yang bilang jurusan ini termasuk jurusan yang sulit, tapi menurut saya tidak juga.

Teknik Informatika berbeda dengan jurusan Teknik Komputer. Teknik Komputer lebih banyak mempelajari hardware komputer. Sedangkan di Teknik Informatika lebih fokus belajar tentang software komputer.



Pada dasarnya ada 4 hal yang diajarkan di teknik informatika. Kalau ada orang bilang teknik informatika itu susah mungkin karena mereka berfokus kepada hal yang salah, atau mereka mencoba mendalami semua hal sekaligus. Nanti Kalian ga harus ahli dalam semua hal, cukup fokus ke hal yang kalian minati aja   :
  1. Bahasa pemrograman (istilah kerennya : Programming Language); software yang biasa digunakan untuk membuat program aplikasi komputer seperti aplikasi perkantoran, rumah sakit, perpustakaan, pembuatan game, pembuatan web dan sebagainya.
  2. Database; pengolahan data agar data tersebut tersusun rapi, aman, dan dapat disajikan secara efektif kepada orang yang tepat. orang yang pinter database itu masih sedikit dan banyak dicari oleh perusahaan (kata dosen saya).
  3. Jaringan (Networking); belajar tentang jaringan, nyambungin komputer satu dengan komputer lainnya. Contohnya bikin LAN, benerin koneksi internet dan sebagainya.
  4. Grafik Komputer; bikin model-model animasi 3 dimensi, banyak animator indonesia yang ikut bikin film animasi di luar negeri kayak star trek, terminator, iron man 3, pasific rim, transformer 3.
Semester awal belajar apa?
nih yang gw inget apa aja yg gw pelajarin waktu di semester awal

1. Belajar utak atik command prompt (cmd) di windows
command prompt itu tempat dimana kita bisa ngetik perintah secara langsung ke windows coba ke start-->all program --> accesoris --> command prompt terus ketik "help"

2. Belajar database Mysql
Database mysql ini database yang relatif gampang dan dipake oleh banyak perusahaan, di dalam database kita membagi dan mengelompokkan data yang ada ke dalam tabel-tabel berbentuk baris dan kolom. Antar tabel nantinya harus saling berhubungan dengan baik (direlasikan). kalau datanya udah dikelompokkan dan direlasikan kita jadi mudah mengolahnya.

3. Install operating system linux
Biasanya orang-orang pada pake operating system windows; seperti windows xp, windows 7 dan windows 8. Padahal operating system windows itu sebenarnya berbayar looh, tapi banyak pake yang bajakan/palsu. Kalo orang awam malah mungkin ga sadar mereka selama ini pake windows bajakan yang sebenarnya ilegal. Nah operating system bernama linux adalah operating system GRATIS (istilah kerennya adalah open source) yang biasa dipakai oleh anak teknik informatika (engga harus juga si, gw juga masih pake windows)

4. Belajar Bahasa Pemrograman Java
Java itu bahasa pemrograman yang udah dipake dalam banyak perangkat. Banyak aplikasi dan game HP yang dibuat dengan java. Banyak dari kalian yang mungkin sebenernya sering memakai java tapi kalian sendiri tidak sadar. Untuk awal-awal kalian akan belajar membuat aplikasi sederhana seperti membuat program perhitungan sederhana (penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian) menggunakan java.

Intinya jangan takut teknik informatika akan menyulitkan kalian, apalagi kalian yang hobinya ada di depan komputer. Disini tempat yang paling nyaman buat kalian.

Baca Juga :
Belajar Java : Install & Pengenalan
Belajar Java : Membuat Aplikasi Sederhana I(1)
Belajar Java : Membuat Aplikasi Sederhana I(2)

31 komentar:

  1. kka...
    saya mau nanya:
    anak Dari jurusan IPS bisa masuk ke IT ngak...
    soalnya saya sudah kesana kemari tp ngak ada yg mau nrima ank IPS buat masuk ke jurusan IT.
    saya jadi prustasi kak... mau milih jurusan apa.
    soalnya saya sudah dari dulu pengen bgt masuk ke IT

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di gundarma si bisa masuk S1 sistem informasi, ga beda jauh materinya belajar software juga.. tapi test masuknya harus dapet grade 1 alias nilainya harus bagus cuy

      atau D3 manajemen informatika bisa dari IPS

      nih liat lengkapnya di sini
      http://www.gunadarma.ac.id/id/pages/id-s1-ilkom.html

      Hapus
  2. kak...
    kan di teknik informatika biasanya kan ada beberapa konsentrasi,
    tau gk software engineering, ma kecerdasan buatan tu semacam apa dan bagaimana sih??

    Terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kecerdasan buatan baca disini ajaa :
      http://catatan-syam.blogspot.com/2013/05/kecerdasan-buatan-artificial.html

      kalo software engineering pengertiannya luas mba, tapi singkatnya software engineer itu orang yang ngurusin software mulai dari mendisain, membangun, mengetes, sampai memaintenence software.

      Hapus
  3. lalu apa bedanya ilmu komputer dengan teknik informatika? apakah sama?
    trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teknik informatika itu salah satu cabang dari ilmu komputer. Teknik Informatika lebih berfokus terhadap pembuatan, penyajian & pelayanan informasi (digital tentu aja). Singkatnya :

      data mentah --> diproses --> jadi informasi

      (input) (proses) (output)

      Hapus
  4. mw nanya dund k, insyaallah stlah SMk sy akn melanjtkan kuliah d gunadarma cengkareng, tp bngung mlh jrusan TI atau SI.. letak perbedaan paling nyata dr Ti n Si it ap k? mata kuliahna? n prospek lulusan Si n Ti bgamana? ktna si lbh baik, krna bsa jd sistem Analis K?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya ga tau juga kalau jurusan SI, tapi denger2 sih lebih bagus TI. Lebih dalam membahas softwarenya di TI. lulusan TI bisa jadi :
      1. database administrator (orang yang ngurusin data perusahaan)
      2. ngurusin jaringan (networking)
      3. animator (kerjanya paling di luar negeri, disini denger2 kurang dihargai)
      4. mentok-mentok dan paling g nyambung : jadi pegawai bank

      Hapus
  5. aku minat sekali di jurusan teknik informatika tapi saya belum menganal betul hal yg berkaitan dengan komputer... apa aku bisa nglanjutin di jurusan ini ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. lanjutin ajaa, kalo soal mendalami ilmunya cari aja di blog2 juga banyak :D
      asal mau belajar apa si yang g bisa

      Hapus
  6. K taun ini saya mau daftar kuliah jurusan TI, saya sangat minat di jurusan Teknik Informatika, tapi matematik saya agak kurang, terutama di matematik yg soalnya rumit banget, menurut K Syam apakah nanti saya bisa berhasil di jurusan TI?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang ajaa, di TI matematika cuma ada sampe semester 4 kalo g salah, matematika di TI malah g serumit matematika SMA, paling banter yg paling susah juga cuman keluar diferensial ama integral

      Hapus
  7. ka, kalo teknisi komputer itu biasanya dari jurusan sistem komputer ya ? katanya anak TI itu banyak yang pindah ke SI karna ga kuat, biasanya kendalanya itu di mana ya ka ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gw sendiri belum pernah denger anak TI pindah jurusan karena ga kuat. kalo ada mungkin karena dia terlalu fokus sama bahasa pemrograman. kita g harus fokus ke hal yang g kita minatin kok.

      Hapus
  8. Permisi saya mau tanya,apakah jurusan dari sistem informasi,sama wajib harus bisa dari salah sati dari ke 4 yang anda sebutkan di atas?

    Terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gw g tau kalo SI kyk gimana, tapi ga beda jauh lah kykny

      Hapus
  9. Lumayan untuk semangatku ... :)
    join juga at
    fajrilever.blogspot.com
    :)

    BalasHapus
  10. terimakasih atas infonya, saya yang masih bingung untuk memilih jurusan yang pas wktu kuliah, sedikitnya mendapat pencerahan.,

    BalasHapus
  11. Thanks infonya bang.. Saya masih bingung nih, apa bedanya Sistem Informasi dengan Teknik Informatika? Mohon penjelasannya bang.. Kalau boleh, dijelasin lewat email saja yaa di wangga.kharisnu@gmail.com

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apaaa yaaa , saya juga bingung jelasinnyaa :D
      gw pernah ketemu anak SI trus ngobrol2, dia bilang belajar pemrograman juga tapi dari obrolannya sih ga sedalam di TI

      Hapus
  12. kak saya kan sekarang jurusan matematika, namun saya ingin pindah jurusan, krena dlam matematika pelajaran susah masuk, dan kakak saya menganjurkan masuk k TI, tpi d TI kan ktemu Matematika lgi dn apalagi ktemu bhsa inggris, saya takut gg bisa, krena matematika saya kurang dan sya tidak bisa sama sekali bhs.inggris,,,
    tolong jawab ya kak? thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. di TI ada matematika tapi ga terlalu dalem, paling susah juga cuma integral sama differensial, kalo bahasa inggrisnya paling susah juga cuma yang bikin surat2 formal pake bahasa inggris

      ni bro gw jelasin, mau lu pilih jurusan apa juga pasti ketakutan akan selalu ada, putusin lu mau ke jurusan mana trus hadepin lah apa yang ada di depan lu. Saran gw, pintar2 cari temen yang bisa lu tanya2in di kampus, belajar lgsg dari temen biasanya lebih efektif daripada belajar di kelas sama dosen.



      Hapus
  13. Maaf kak, aku mau tanya, ada gak perbedaan antara teknologi informasi dengan teknik informatika, soalnya kalau cari definisi di om google, agak sulit di cerna kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. samaa ajaaa, cara manusia untuk mengolah informasi secara efektif menggunakan teknik komputasi.

      mungkin maksudnya gini teknologi informasi itu lebih ke produknya secara keseluruhan, contoh, TV, internet, radio, telepon, handphone, naah itu adalah produk dari teknologi informasi

      kalo teknik informatika lebih ke metode/caranya dalam mengolah informasi, contoh ; untuk mengolah informasi menggnakan software database, bahasa pemrograman, aplikasi web, dll.

      Hapus
  14. Kak saya kan udah kelas 12 dan minat utk masuk Teknik Informatika. Cumaaaaaaa, saya gaboleh diluar kota. Jadi saya PTN coba di UI dan kalo gamasuk PTS. PTS nya disuruh di Trisakti. Cuma, kaka ada gak rekomendasi PTS yang bagus dalam bidang TI nya? Hehe makasih kak:)

    BalasHapus
  15. kak jurusan teknik informatika berarti bisa kerja dibagian IT juga lah ya kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, Teknik Informatika sama IT sama aja

      IT (Information Technology) = Teknik Informatika (TI)

      Hapus
  16. Denger denger kalo Teknik Informatika di matematikanya ada "Algoritma". menurut agan sulit atau engga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. algoritma itu alur untuk menyelesaikan suatu masalah, contohnya waktu semester awal belajar algoritma dari telepon umum (alur dari orang ketika menggunakan telepon umum dari awal sampe selesai).Nah waktu di semester akhir2 baru sedikit rumit, belajar algoritma dari sebuah processor, bagaimana cara processor memproses suatu operasi matematik. gitu

      menurut ane, g terlalu sulit, seru malah

      Hapus