Minggu, 28 November 2010

Apa itu Teknik Informatika


Bagi kalian yang ingin memilih jurusan Teknik Informatika (TI), tetapi masih bingung apa sebenarnya Teknik Informatika itu. Disini ane akan bagi-bagi pengalaman kepada kalian. Ane sendiri adalah mantan mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Gunadarma, banyak yang bilang jurusan ini termasuk jurusan yang sulit, tapi menurut ane gak juga.

Teknik Informatika berbeda dengan jurusan Teknik Komputer. Teknik Komputer lebih banyak mempelajari hardware komputer. Sedangkan di Teknik Informatika lebih fokus belajar tentang software komputer.



Bidang IT itu sebenarnya sangat luas, tapi pada dasarnya ada 4 bidang yang diajarkan di teknik informatika  :
  1. Bahasa pemrograman (istilah kerennya : Programming Language); software yang biasa digunakan untuk membuat program aplikasi komputer seperti aplikasi perkantoran, rumah sakit, perpustakaan, pembuatan game, pembuatan web dan sebagainya.
  2. Database; pengolahan data agar data tersebut tersusun rapi, aman, dan dapat disajikan secara efektif kepada orang yang tepat. orang yang pinter database itu masih relatif sedikit dan banyak dicari oleh perusahaan.
  3. Jaringan (Networking); belajar tentang jaringan, nyambungin komputer satu dengan komputer lainnya. Bagaimana caranya agar satu komputer dengan komputer lainnya bisa saling berbagi dan bertukar informasi. Contohnya bikin LAN, benerin koneksi internet dan sebagainya.
  4. Grafik Komputer; bikin model-model animasi. basanya animasi buat iklan atau animasi buat film. Bidang ini masih jarang lapangan kerjanya di Indonesia.
Apa nantinya pekerjaannya cuma bisa jadi pegawai aja?? ya kagak donk,  Anak IT sangat bisa jadi pengusaha. Di IT kita diajarin bagaimana sebuah sistem bekerja, contohnya kita belajar bagaimana sistem informasi dalam perusahaan itu berjalan. Terus kita juga belajar menganalisa proses bisnis dalam suatu perusahaan. Jadi anak IT udah di arahkan buat melihat dunia di sekitarnya secara sistematis. 

Semester awal belajar apa?
nih yang gw inget apa aja yg gw pelajarin waktu di semester awal

Apaa yaaa ...
1. Belajar utak atik command prompt (cmd) di windows
command prompt itu tempat dimana kita bisa ngetik perintah secara langsung ke windows coba ke start-->all program --> accesoris --> command prompt terus ketik "help". Nah coba-coba sendiri deh tuh.

2. Belajar database Mysql
Database adalah tempat kita mengatur data agar data tersebut dapat disajikan dengan cepat kepada orang yang tepat. Di dalam database kita membagi dan mengelompokkan data yang ada ke dalam tabel-tabel berbentuk baris dan kolom. Antar tabel nantinya harus saling berhubungan dengan baik (direlasikan). kalau datanya udah dikelompokkan dan direlasikan kita jadi mudah mengaturnya. Database MySql ini cukup mudah untuk dipelajari dan gratis (General Public License), karena itu biasanya di perkuliahan belajarnya pake database Mysql ini.

3. Install operating system linux
Biasanya orang-orang pada pake operating system windows; seperti windows xp, windows 7 dan windows 8. Padahal operating system windows itu sebenarnya berbayar looh, tapi banyak pake yang bajakan/palsu. Kalo orang awam mungkin malah ga sadar mereka selama ini pake windows bajakan yang sebenarnya ilegal. Nah operating system bernama linux adalah operating system GRATIS  yang biasa dipakai oleh anak teknik informatika

4. Belajar Bahasa Pemrograman Java
Java adalah bahasa pemrograman yang udah dipake dalam banyak perangkat. Banyak aplikasi desktop dan aplikasi HP yang menggunakan java. Kalian mungkin sebenernya sering memakai java tapi kalian sendiri tidak sadar. Untuk awal-awal kalian akan belajar membuat aplikasi sederhana menggunakan java, seperti membuat program perhitungan sederhana (penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian).

Buat yang betah berada di depan komputer, Insya Allah disini bakal jadi tempat yang nyaman. Yang penting pilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan kita. Dan yang paling penting lagi, Allah ridho, pasti nikmat jalan didepan kita.

Sumber :
mantan anak Teknik Informatika
http://wallpaperwonder.com/wp-content/uploads/2014/03/Cartoon-Programmer-Wallpaper-HD.jpg

35 komentar :

zhumroni mengatakan...

kka...
saya mau nanya:
anak Dari jurusan IPS bisa masuk ke IT ngak...
soalnya saya sudah kesana kemari tp ngak ada yg mau nrima ank IPS buat masuk ke jurusan IT.
saya jadi prustasi kak... mau milih jurusan apa.
soalnya saya sudah dari dulu pengen bgt masuk ke IT

Syamsul mustaqim mengatakan...

kalau di gundarma si bisa masuk S1 sistem informasi, ga beda jauh materinya belajar software juga.. tapi test masuknya harus dapet grade 1 alias nilainya harus bagus cuy

atau D3 manajemen informatika bisa dari IPS

nih liat lengkapnya di sini
http://www.gunadarma.ac.id/id/pages/id-s1-ilkom.html

Sifa Fatimah mengatakan...

kak...
kan di teknik informatika biasanya kan ada beberapa konsentrasi,
tau gk software engineering, ma kecerdasan buatan tu semacam apa dan bagaimana sih??

Terima kasih sebelumnya..

sorayamalia's blog mengatakan...

lalu apa bedanya ilmu komputer dengan teknik informatika? apakah sama?
trimakasih sebelumnya

Syamsul mustaqim mengatakan...

Teknik informatika itu salah satu cabang dari ilmu komputer. Teknik Informatika lebih berfokus terhadap pembuatan, penyajian & pelayanan informasi (digital tentu aja). Singkatnya :

data mentah --> diproses --> jadi informasi

(input) (proses) (output)

Muhammad Labib Khairi (SMK Yadika 3) mengatakan...

mw nanya dund k, insyaallah stlah SMk sy akn melanjtkan kuliah d gunadarma cengkareng, tp bngung mlh jrusan TI atau SI.. letak perbedaan paling nyata dr Ti n Si it ap k? mata kuliahna? n prospek lulusan Si n Ti bgamana? ktna si lbh baik, krna bsa jd sistem Analis K?

nariiel callysta mengatakan...

aku minat sekali di jurusan teknik informatika tapi saya belum menganal betul hal yg berkaitan dengan komputer... apa aku bisa nglanjutin di jurusan ini ????

I am Syam mengatakan...

lanjutin ajaa, kalo soal mendalami ilmunya cari aja di blog2 juga banyak :D
asal mau belajar apa si yang g bisa

Vicky D mengatakan...

K taun ini saya mau daftar kuliah jurusan TI, saya sangat minat di jurusan Teknik Informatika, tapi matematik saya agak kurang, terutama di matematik yg soalnya rumit banget, menurut K Syam apakah nanti saya bisa berhasil di jurusan TI?

I am Syam mengatakan...

tenang ajaa, di TI matematika cuma ada sampe semester 4 kalo g salah, matematika di TI malah g serumit matematika SMA, paling banter yg paling susah juga cuman keluar diferensial ama integral

I am Syam mengatakan...

wah saya ga tau juga kalau jurusan SI, tapi denger2 sih lebih bagus TI. Lebih dalam membahas softwarenya di TI. lulusan TI bisa jadi :
1. database administrator (orang yang ngurusin data perusahaan)
2. ngurusin jaringan (networking)
3. animator (kerjanya paling di luar negeri, disini denger2 kurang dihargai)
4. mentok-mentok dan paling g nyambung : jadi pegawai bank

I am Syam mengatakan...

kecerdasan buatan baca disini ajaa :
http://catatan-syam.blogspot.com/2013/05/kecerdasan-buatan-artificial.html

kalo software engineering pengertiannya luas mba, tapi singkatnya software engineer itu orang yang ngurusin software mulai dari mendisain, membangun, mengetes, sampai memaintenence software.

Febri M Sitompul mengatakan...

ka, kalo teknisi komputer itu biasanya dari jurusan sistem komputer ya ? katanya anak TI itu banyak yang pindah ke SI karna ga kuat, biasanya kendalanya itu di mana ya ka ?

I am Syam mengatakan...

gw sendiri belum pernah denger anak TI pindah jurusan karena ga kuat. kalo ada mungkin karena dia terlalu fokus sama bahasa pemrograman. kita g harus fokus ke hal yang g kita minatin kok.

Harry Gumilang Sarani mengatakan...

Permisi saya mau tanya,apakah jurusan dari sistem informasi,sama wajib harus bisa dari salah sati dari ke 4 yang anda sebutkan di atas?

Terimakasih..

I am Syam mengatakan...

gw g tau kalo SI kyk gimana, tapi ga beda jauh lah kykny

waver ever mengatakan...

Lumayan untuk semangatku ... :)
join juga at
fajrilever.blogspot.com
:)

Hairun Nisa mengatakan...

terimakasih atas infonya, saya yang masih bingung untuk memilih jurusan yang pas wktu kuliah, sedikitnya mendapat pencerahan.,

Syamsul Mustaqim mengatakan...

sama2 :D

Wangga Kharisnu mengatakan...

Thanks infonya bang.. Saya masih bingung nih, apa bedanya Sistem Informasi dengan Teknik Informatika? Mohon penjelasannya bang.. Kalau boleh, dijelasin lewat email saja yaa di wangga.kharisnu@gmail.com

Thanks

Syamsul Mustaqim mengatakan...

Apaaa yaaa , saya juga bingung jelasinnyaa :D
gw pernah ketemu anak SI trus ngobrol2, dia bilang belajar pemrograman juga tapi dari obrolannya sih ga sedalam di TI

Ainur Rofiq mengatakan...

kak saya kan sekarang jurusan matematika, namun saya ingin pindah jurusan, krena dlam matematika pelajaran susah masuk, dan kakak saya menganjurkan masuk k TI, tpi d TI kan ktemu Matematika lgi dn apalagi ktemu bhsa inggris, saya takut gg bisa, krena matematika saya kurang dan sya tidak bisa sama sekali bhs.inggris,,,
tolong jawab ya kak? thank's

Syamsul Mustaqim mengatakan...

di TI ada matematika tapi ga terlalu dalem, paling susah juga cuma integral sama differensial, kalo bahasa inggrisnya paling susah juga cuma yang bikin surat2 formal pake bahasa inggris

ni bro gw jelasin, mau lu pilih jurusan apa juga pasti ketakutan akan selalu ada, putusin lu mau ke jurusan mana trus hadepin lah apa yang ada di depan lu. Saran gw, pintar2 cari temen yang bisa lu tanya2in di kampus, belajar lgsg dari temen biasanya lebih efektif daripada belajar di kelas sama dosen.



Tsumasaga Rainbow mengatakan...

Maaf kak, aku mau tanya, ada gak perbedaan antara teknologi informasi dengan teknik informatika, soalnya kalau cari definisi di om google, agak sulit di cerna kak

Nur Jannah mengatakan...

Kak saya kan udah kelas 12 dan minat utk masuk Teknik Informatika. Cumaaaaaaa, saya gaboleh diluar kota. Jadi saya PTN coba di UI dan kalo gamasuk PTS. PTS nya disuruh di Trisakti. Cuma, kaka ada gak rekomendasi PTS yang bagus dalam bidang TI nya? Hehe makasih kak:)

Syamsul Mustaqim mengatakan...

samaa ajaaa, cara manusia untuk mengolah informasi secara efektif menggunakan teknik komputasi.

mungkin maksudnya gini teknologi informasi itu lebih ke produknya secara keseluruhan, contoh, TV, internet, radio, telepon, handphone, naah itu adalah produk dari teknologi informasi

kalo teknik informatika lebih ke metode/caranya dalam mengolah informasi, contoh ; untuk mengolah informasi menggnakan software database, bahasa pemrograman, aplikasi web, dll.

Syamsul Mustaqim mengatakan...

udaah dibales di email yaaa :)

Muhammad Ridho mengatakan...

kak jurusan teknik informatika berarti bisa kerja dibagian IT juga lah ya kak??

Syamsul Mustaqim mengatakan...

Iyaa, Teknik Informatika sama IT sama aja

IT (Information Technology) = Teknik Informatika (TI)

The_Lexford mengatakan...

Denger denger kalo Teknik Informatika di matematikanya ada "Algoritma". menurut agan sulit atau engga?

Syamsul Mustaqim mengatakan...

algoritma itu alur untuk menyelesaikan suatu masalah, contohnya waktu semester awal belajar algoritma dari telepon umum (alur dari orang ketika menggunakan telepon umum dari awal sampe selesai).Nah waktu di semester akhir2 baru sedikit rumit, belajar algoritma dari sebuah processor, bagaimana cara processor memproses suatu operasi matematik. gitu

menurut ane, g terlalu sulit, seru malah

Mrs secret mengatakan...

kaak bener gak si kalo teknik informatika itu lebih ke teori tp kalo sistem informasi lebih ke ngerangcang/ngebuat komputer gitu? itu aku baca dari salah satu blog di google tp pas baca dari web lain pengertiannya beda lagi. jadi sebenernya gimana sih? aku takut salah pilih. btw TI itu banyak cewenya gakk?

Syamsul Mustaqim mengatakan...

ga tau deh kalo di SI gimana, kalo di TI ada teori ada praktek bikin program juga, lengkap

di kelasan gw ada belasan ceweny, lumayan banyak lah. tapi emang biasanya lebih banyak cowonya

Widi mengatakan...

Keren tulisannya. Thanks. Kunjungi balik ya, http://www.findgeek.com . Rumahnya Para Profesional IT . Banyak info loker IT di sini.

Muhammad Fawaaid mengatakan...

Post Anda Sangat Membantu.. ^^
Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya http://aikawafaith.blogspot.com/

Poskan Komentar

Mari berkomentar dengan baik dan benar. Sebarkan manfaat dan kebaikan

 
;