Kamis, 18 Juli 2013

Belajar Java : Pengenalan & Installasi

Buat agan-agan yang bingung dengan penginstalan bahasa pemrograman java, disini ane akan menjelaskan caranya langkah demi langkah sampai berhasil membuat program sederhananya.

Pertama kali gw dulu mengenal java, gw bingung, ini nginstallnya gimana? Trus abis install gw harus ngapain?? nulis kodingannya di sebelah mana?? jalanin programnya ntar gimana?? mana di kuliah cuman bahas teorinya doank lagi ga bahas cara install dan gunainnya. nah akhirnya dengan bermodalkan koneksi internet ane mulai cari-cari cara gunainnya. okee ayo kite bahas.


 Apaan sih Bahasa Pemrograman Java?

Java itu bahasa pemrograman berbasis object, bahasa kerennya adalah OOP (object oriented programming). Java ini insya Allah bakal berguna banget buat kite pelajarin, karena java salah satu bahasa pemrograman yang bertahan tetep dipake dari jaman dulu sampai sekarang. kalo kalian pengen tau lebih detail tentang OOP klik aja :

http://catatan-syam.blogspot.com/2013/11/konsep-oop.html

Aplikasi-aplikasi yang dibuat menggunakan java udah banyak, mulai dari aplikasi desktop sampe aplikasi HP.  Langsung aja simak disini tahap penginstalannya.

1. Download Software Yang Dibutuhkan 

  • JDK v7 : JDK ini kita gunakan untuk meng-compile dan menjalankan program yang nanti akan kita buat. JDK ini bisa dibilang adalah "java" nya. Yang akan kita download ini adalah Java SE (standard edition). Sebelum kalian mendownload cek dulu operating system kalian. Caranya adalah buka command prompt terus ketikkan "systeminfo". Kalau kalian menggunakan windows 32 bit (x86) maka download yang tulisannya java versi windows x86. Kalau kalian menggunakan windows 64 bit (x64) maka download yang tulisannya java versi windows x64. Klik link download dibawah --> klik "accept licence agreement" --> klik link download sesuai operating system kalian.
          Download Java SE JDK v7

  • Netbeans 7.3 : Netbeans ini kita gunakan sebagai tempat kita menuliskan kodingan java. Netbeans bisa kita ibaratkan sebagai meja kerja kita, bahasa kerennya adalah IDE (Integrated Development Environment/Lingkungan Develop yang Terintegrasi). Selain Netbeans ada juga IDE yang lainnya (contoh : Eclipse).  klik link download dibawah --> Klik tombol ALL yang ukuran filenya paling besar.
          Download Netbeans 7.3

  
2. Install Softwarenya

Setelah kita mendownload 2 software diatas, sekarang tinggal kita install. Pertama kita install dulu JDK nya.  Berikut adalah screenshoot instalasi JDK:

Tahap 1 : Tinggal Next
Tahap 2 : Tinggal Next

Tahap 3 : Tinggal Close, Selesai

















setelah install JDK selesai sekarang kita install Netbeans nya. Install Netbeans juga tinggal next-next aja sampe selesai, gampang kan.

3. Selesai, Buka Deh Netbeansnya

Netbeans ini kita gunakan untuk menulis kodingan, meng-compile menjalankan program java yang akan kita buat. Karena kita sudah menginstall JDK tadi, maka JDK sudah terhubung langsung dengan netbeans secara otomatis. Kita tinggal pake aja.

Buka Netbeans lewat start program




Buka File --> New Project. Setelah itu Pilih Java application

Ketikkan nama project anda trus klik finish

Ketik kodingan programnya di main class program 

Nah sekarang kita bisa mengetikkan kodingan program java. Untuk meng- compile dan me-running program tinggal klik tanda play berwarna hijau di toolbar bagian atas. kalau kita udah punya berbagai macam project klik kanan dulu nama projectnya di sebelah kiri terus klik --> run , untuk me-running program tersebut.
Untuk program awal coba ketikkan kodingan program seperti di bawah ini terus tinggal running programnya.


Selesai deh penginstalan java + netbeans. Jadi sekarang kita tinggal pake netbeans aja buat ngoding program java. Di netbeans ini kita bisa juga mendesain aplikasi dengan cara drag and drop komponen. Tapi untuk pembahasannya lain kali aja ya. Kalo ada pertanyaan silahkan tulis di komentar. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :


6 komentar :

Unknown mengatakan...

masih belum ngerti juga nich kaka, gimana dund?

Syam mengatakan...

gimanaaa yaa :D

Anonim mengatakan...

kk minta buku tutorial nya?
gambar nya kurang jelas yng di web kk

Syam mengatakan...

ga punya gan, coba itu di klik gambarnya bisa jadi gede kok

Anonim mengatakan...

Makasih banyak yaaa, sgt membantu!:)

FAUZAN mengatakan...

gan kok waktu mau nginstal netbeans nya gk bisa ? katanya jdk nya blum terinstal padahal udh terinstal. itu gmna ya ?

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan baik, benar, dan sopan :D

 
;