Pemrograman Berbasis Objek |
Perumpamaannya seperti ini :
" Ada kucing jenisnya anggora berwarna putih bermata biru. Kucing tersebut bisa mengeong, berjalan, dan berlari. "
Kucing : Object
Jenisnya anggora : attribute
Warnanya putih : attribute
Matanya biru : attribute
Bisa mengeong : method
Bisa berjalan : method
Bisa berlari : method
Kelas nya mana donk?? Kelas itu adalah prototype/blueprint yang kita gunakan untuk menggambarkan object, alias menggambarkan si kucing tersebut. Jadi ya kelasnya adalah kodingan kita untuk menggambarkan kucing tersebut. Isi dari kelasnya adalah object, isi dari objectnya adalah attribute dan method. Untuk kodingan kucing ini nanti ane jelasin belakangan yah.
Object adalah suatu bentuk abstrak yang kita buat di dalam suatu kelas. Jadi objek itu adanya di dalam kelas. Dalam suatu kelas dapat mempunya satu atau lebih objek. Misalkan kita mau buat kelas hewan isinya objek kucing yang tadi, terus kita tambahin ada anjing, singa, burung dan lain lain.
Attribute adalah variable yang terdapat di dalam kelas. Nilai dari suatu attribute ini tergantung dari tiap-tiap objeknya. Kayak si kucing tadi, variablenya ada warna, jenis, dan warna mata.
Method adalah gambaran dari bagaimana suatu kelas bekerja. Kita membuat method untuk masing-masing object untuk menggambarkan objek-objek tersebut bisa ngapain aja.
Setelah itu kita kudu ngerti 3 hal utama dalam konsep OOP yaitu adalah Encapsulation, Inheritance, dan Polimorphysm.
- EncapsulationPengkapsulan/pembungkusan, menjaga agar suatu objek tidak dapat diakses sembarangan oleh objek lainnya. Kita dapat mendefinisikan suatu objek dengan 3 cara yaitu,Private : memberikan hak akses untuk mengubah attribute dan method hanya kepada anggota class tersebut.Protected : memberikan hak akses hanya kepada anggota class tersebut dan anggota kelas hasil inheritance (penurunan sifat)Public : memberikan hak akses kepada class tersebut dan class-class lainnya.
- Inheritance
Penurunan sifat. Sebuah class dapat mewarisi attribute dan method dari kelas lainnya (super class). Sifat dari class dan attribute itu sama dengan super classnya. - Polymorphism
Merubah ke banyak bentuk, jadi sebuah class dapat melakukan overwrite (menimpah) method yang berasal dari super classnya.
Kalau kalian pengen liat kodingan kucing diatas kayak gimana, klik aja terusannya berikut ini :
Source Code Java OOP Kucing
Semoga Bermanfaat
Source Code Java OOP Kucing
Semoga Bermanfaat
Sumber :
http://3.bp.blogspot.com/-
http://stockfresh.com/files/b/bbbar/m/47/1756167_stock-photo-chalk-writing-of-oop-for-object-oriented-programming.jpg
http://stockfresh.com/files/b/bbbar/m/47/1756167_stock-photo-chalk-writing-of-oop-for-object-oriented-programming.jpg
4 komentar :
berguna banget, thanks gan
oceee gan
sangat membantu
terima kasih gan
Trims,
mudah dipahami,
Ditunggu materi berikutnya :)
Posting Komentar
Mari berkomentar dengan baik, benar, dan sopan :D