Rabu, 13 November 2013

Konsep Dasar ERP

Enterprise Resource Planning

Adalah sistem informasi yang tujuannya untuk mengelola sumber daya perusahaan secara efektif. Di dalam sistem informasi ini, perusahaan dibagi menjadi beberapa divisi. Divisi-divisi tersebut harus dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi dengan baik, karena itu ERP yang baik harus didukung dengan adanya aplikasi (software) dan infrastruktur (hardware) yang baik.



Tujuan : mengelola sumber daya perusahaan secara efektif dan efisien


Sekarang kita bahas bagian softwarenya. Software ERP dibuat untuk mengintegrasikan setiap divisi dalam suatu perusahaan. Jadi untuk setiap divisi harus saling terhubung dan bertukar informasi. Nah disini kita butuh peran dari database. Database yang biasa dipake oleh perusahaan adalah MYSQL dan Oracle. Database tersebut digunakan untuk menyimpan dan menyajikan data untuk setiap divisi dalam perusahaan.

Diantara banyaknya divisi, intinya ada tiga yaitu human resource, finance, dan operation. Divisi-divisi lengjkapnya apa aja?? berikut adalah gambar dari konsep core ERP dan divisi-divisi yang ada dalam ERP:

Konsep Core ERP

1.       Modul Operasi
General Logistics, Sales and Distribution, Materials Management, Logistics Execution, Quality Management, Plant Maintenance, Customer Service, Production Planning and Control, Project System, Environment Management.

2.       Modul Financial & Akuntansi
General Accounting, Financial Accounting, Controlling, Investment Management, Treasury, Enterprise Controlling.

3.       Modul Sumber Daya Manusia
Personnel Management, Personnel Time Management, Payroll, Training and Event Management, Organizational Management, Travel Management.



Divisi ERP

ERP mempunyai 2 modul dalam menyajikan informasi yaitu :

1. OLTP (Online transaction processing)

Modul yang ditujukan untuk user-user yang kerjanya melakukan input, update, delete, dan transaksional lainnya. User ini mempunyai akses record terbatas, pekerjaan repetitive, dan melakukan transaksi-transaksi sederhana.

2. OLAP (Online Analytical processing)

Modul untuk user-user yang melakukan complex query terhadap database, mengambil langkah untuk mengatasi masalah dalam database, mempunyai akses record yang luas, tanggung jawabnya pun lebih besar

naah segitu dulu dah kali ini, yang penting kite udah pegang konsepnya


Sumber :
doddy_iskandar.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/26624/ERP.doc
http://www.mentaya.co.id/mty16/index.php/en/77-ulasan/68-apa-itu-erp
http://mfile.narotama.ac.id/files/Zakki%20Falani/Study%20STTS%20all%20smt/ENTERPRISE%20RESOURCE%20PLANNING%20(ERP).pdf


0 komentar :

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan baik, benar, dan sopan :D

 
;