Minggu, 28 November 2010

Apa itu Teknik Informatika


Bagi kalian yang ingin memilih jurusan Teknik Informatika (TI), tetapi masih bingung apa sebenarnya Teknik Informatika itu. Disini ane akan bagi-bagi pengalaman kepada kalian. Ane sendiri adalah mantan mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Gunadarma, beberapa orang bilang jurusan TI ini termasuk jurusan yang sulit. Benarkah? Okee mari simak pembahasan ane gan.

Pertanyaan pertama yang biasanya muncul adalah : apasih bedanya Teknik Informatika dengan Teknik Komputer. bedanya Teknik Komputer lebih banyak mempelajari hardware komputer. Sedangkan di Teknik Informatika lebih fokus belajar tentang software komputer.


Bidang TI itu sebenarnya sangat luas, tapi menurut ane pada dasarnya ada 4 bidang yang diajarkan  :
  1. Bahasa pemrograman (istilah kerennya : Programming Language); Adalah sebuah bahasa yang membuat kita dan komputer dapat saling memahami satu sama lain. komputer itu kan sebenernya cuman tau 1 sama 0, bahasa pemrograman ini menjembatani kita agar komputer mengerti perasaan kita, eh maksudnya mengerti apa yang kita mau dari dia. dengan bahasa pemrograman ini kita bisa membuat berbagai macam software aplikasi komputer deh. Contohnya aplikasi bisnis seperti yang biasa dipakai di kantor-kantor, aplikasi perhitungan, aplikasi sains, astronomi, game, handphone, aplikasi apa aja deh selama kita bisa berbahasa dengan baik dengan si komputer itu. Bahasa pemrograman itu ada banyak, dan yang bertahan ramai dipakai sampai sekarang diantaranya adalah C++ dan JAVA.
     
  2. Database (Pengolahan Data); Kalau kita punya 100 data, mungkin mudah buat kita mengolah datanya lewat excel, tetapi bagaimana kalau sebuah perusahaan besar yang mempunyai jutaan data. Perusahaan telepon contohnya, setiap data pelanggan harus diatur dengan baik, setiap transaksi juga harus terekam dengan baik, berapa banyak orang yang nelepon dalam satu hari, belum lagi yang isi pulsa, sms, pake paket data internet, bayangkan ada berapa transaksi dalam setiap hari.

    Nah database ini adalah sistem pengolahan data agar data tersusun rapi, aman, dan dapat disajikan secara cepat dan efektif kepada orang yang tepat gan.
     
  3. Jaringan (Networking); Nyambungin komputer satu dengan komputer lainnya agar bisa saling bertukar informasi. Pengalaman ane di IT, kita tidak belajar jaringan dengan berhubungan langsung dengan kabel, router, modem dan perangkat keras lainnya. Tapi kita lebih belajar ke logika bagaimana jalannya data itu dari dikirim oleh perangkat keras dalam bentuk gelombang elektromagnetik tapi kok bisa nyampe ke layar user berbentuk informasi yang mudah dibaca. kita juga belajar membuat jaringan LAN, WAN, ngatur-ngatur konfigurasi IP, tapi tidak langsung nyolok-nyolok kabel tapi lewat aplikasi virtual. Jadi di IT kita lebih belajar ke logika bagaimana pengolahan jaringannya.
     
  4. Grafik Komputer; bikin model-model animasi. basanya animasi buat iklan atau animasi buat film. Bidang ini masih jarang lapangan kerjanya di Indonesia.
Apa nantinya pekerjaannya cuma bisa jadi pegawai aja?? ya kagak donk,  Anak IT sangat bisa jadi pengusaha. Di IT kita diajarin bagaimana sebuah sistem bekerja, contohnya kita belajar bagaimana sistem informasi dalam perusahaan itu berjalan. Terus kita juga belajar menganalisa proses bisnis dalam suatu perusahaan. Jadi anak IT udah di arahkan buat melihat dunia di sekitarnya secara sistematis. 

Semester awal belajar apa?
nih yang gw inget apa aja yg gw pelajarin waktu di semester awal

Apaa yaaa ...
1. Belajar utak atik command prompt (cmd) di windows
command prompt itu tempat dimana kita bisa ngetik perintah secara langsung ke windows coba ke start-->all program --> accesoris --> command prompt terus ketik "help". atau di windows 10 tinggal klik windows terus ketik "cmd" Nah coba-coba sendiri deh tuh. hati-hati ya gan jangan asal ngetik.
Command Prompt Windows
2. Belajar database Mysql
Database itu ada banyak gan. ada yang dibuat khusus untuk mengolah data transaksi, ada yang khusus mengolah data berbentuk gambar dan peta, ada yang khusus mengolah data dalam jumlah banyak, menarik data dari media sosial, ataupun menyimpan data histori. Nah database Mysql ini menurut ane didesain lebih kearah untu mengolah data transaksi gan.

Mysql tergolong ringan dan mudah dipelajari, Makanya biasanya kampus memilih database ini sebagai bahan ajar untuk mahasiswa IT. Sebagai gambaran dasar, database isinya adalah tabel-tabel gan, sama seperti di excel. Hanya saja tabel-tabel disini direlasikan, juga terdapat fitur-fitur yang membuat data teradministrasi dengan baik dan aman. kalau agan mau coba agan bisa download di link di bawah :

https://www.apachefriends.org/download.html

contoh tabel-tabel database Mysql

3. Install operating system linux
Biasanya orang-orang pada pake operating system windows; seperti windows 7 dan windows 8, windows 10. Padahal operating system windows itu sebenarnya berbayar, tapi banyak pake yang bajakan/palsu. Kalo orang awam mungkin malah ga sadar mereka selama ini pake windows bajakan yang sebenarnya ilegal. Nah operating system bernama linux adalah operating system GRATIS  yang biasa dipakai oleh anak teknik informatika

tampilan OS linux

4. Belajar Bahasa Pemrograman Java
Java adalah bahasa pemrograman yang udah dipake dalam banyak perangkat. Banyak aplikasi desktop dan aplikasi HP yang menggunakan java. Kalian mungkin sebenernya sering memakai java tapi kalian sendiri tidak sadar. Untuk awal-awal kalian akan belajar membuat aplikasi sederhana, salah satu contohnya adalah membuat program kalkulator.



contoh membuat program kalkulator menggunakan java

Buat yang betah berada di depan komputer, Insya Allah disini bakal jadi tempat yang nyaman.Yang penting pilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan kita. Jangan memaksakan juga belajar di bidang yang sebenernya tidak pas dengan kemampuan kita. Pintar-pintar memahami potensi diri dan menyusun rencana ikhtiar ke depan, jangan cuma jadi arus yang ikut-ikutan orang lain aja. 

Dan yang paling penting lagi Allah ridho dengan keputusan kita, jadi kita tidak menggeluti bidang yang sekedar untuk cari uang aja tanpa peduli dengan efek dari hasil kerja kita untuk orang banyak, tapi kita memilih bidang yang benar-benar bermanfaat untuk orang-orang di sekitar kita gan. sukur-sukur manfaatnya dunia akhirat gan, hehehe. Oke gan, sekian semoga bermanfaat.

Sumber :
mantan anak Teknik Informatika

48 komentar :

zhumroni mengatakan...

kka...
saya mau nanya:
anak Dari jurusan IPS bisa masuk ke IT ngak...
soalnya saya sudah kesana kemari tp ngak ada yg mau nrima ank IPS buat masuk ke jurusan IT.
saya jadi prustasi kak... mau milih jurusan apa.
soalnya saya sudah dari dulu pengen bgt masuk ke IT

Syam mengatakan...

kalau di gundarma si bisa masuk S1 sistem informasi, ga beda jauh materinya belajar software juga.. tapi test masuknya harus dapet grade 1 alias nilainya harus bagus cuy

atau D3 manajemen informatika bisa dari IPS

nih liat lengkapnya di sini
http://www.gunadarma.ac.id/id/pages/id-s1-ilkom.html

Sifa mengatakan...

kak...
kan di teknik informatika biasanya kan ada beberapa konsentrasi,
tau gk software engineering, ma kecerdasan buatan tu semacam apa dan bagaimana sih??

Terima kasih sebelumnya..

sorayamalia's blog mengatakan...

lalu apa bedanya ilmu komputer dengan teknik informatika? apakah sama?
trimakasih sebelumnya

Syam mengatakan...

Teknik informatika itu salah satu cabang dari ilmu komputer. Teknik Informatika lebih berfokus terhadap pembuatan, penyajian & pelayanan informasi (digital tentu aja). Singkatnya :

data mentah --> diproses --> jadi informasi

(input) (proses) (output)

Muhammad Labib Khairi mengatakan...

mw nanya dund k, insyaallah stlah SMk sy akn melanjtkan kuliah d gunadarma cengkareng, tp bngung mlh jrusan TI atau SI.. letak perbedaan paling nyata dr Ti n Si it ap k? mata kuliahna? n prospek lulusan Si n Ti bgamana? ktna si lbh baik, krna bsa jd sistem Analis K?

Unknown mengatakan...

aku minat sekali di jurusan teknik informatika tapi saya belum menganal betul hal yg berkaitan dengan komputer... apa aku bisa nglanjutin di jurusan ini ????

Syam mengatakan...

lanjutin ajaa, kalo soal mendalami ilmunya cari aja di blog2 juga banyak :D
asal mau belajar apa si yang g bisa

Anonim mengatakan...

K taun ini saya mau daftar kuliah jurusan TI, saya sangat minat di jurusan Teknik Informatika, tapi matematik saya agak kurang, terutama di matematik yg soalnya rumit banget, menurut K Syam apakah nanti saya bisa berhasil di jurusan TI?

Syam mengatakan...

tenang ajaa, di TI matematika cuma ada sampe semester 4 kalo g salah, matematika di TI malah g serumit matematika SMA, paling banter yg paling susah juga cuman keluar diferensial ama integral

Syam mengatakan...

wah saya ga tau juga kalau jurusan SI, tapi denger2 sih lebih bagus TI. Lebih dalam membahas softwarenya di TI. lulusan TI bisa jadi :
1. database administrator (orang yang ngurusin data perusahaan)
2. ngurusin jaringan (networking)
3. animator (kerjanya paling di luar negeri, disini denger2 kurang dihargai)
4. mentok-mentok dan paling g nyambung : jadi pegawai bank

Syam mengatakan...

kecerdasan buatan baca disini ajaa :
http://catatan-syam.blogspot.com/2013/05/kecerdasan-buatan-artificial.html

kalo software engineering pengertiannya luas mba, tapi singkatnya software engineer itu orang yang ngurusin software mulai dari mendisain, membangun, mengetes, sampai memaintenence software.

Unknown mengatakan...

ka, kalo teknisi komputer itu biasanya dari jurusan sistem komputer ya ? katanya anak TI itu banyak yang pindah ke SI karna ga kuat, biasanya kendalanya itu di mana ya ka ?

Syam mengatakan...

gw sendiri belum pernah denger anak TI pindah jurusan karena ga kuat. kalo ada mungkin karena dia terlalu fokus sama bahasa pemrograman. kita g harus fokus ke hal yang g kita minatin kok.

Unknown mengatakan...

Permisi saya mau tanya,apakah jurusan dari sistem informasi,sama wajib harus bisa dari salah sati dari ke 4 yang anda sebutkan di atas?

Terimakasih..

Syam mengatakan...

gw g tau kalo SI kyk gimana, tapi ga beda jauh lah kykny

Anonim mengatakan...

Lumayan untuk semangatku ... :)
join juga at
fajrilever.blogspot.com
:)

Hairun Nisa mengatakan...

terimakasih atas infonya, saya yang masih bingung untuk memilih jurusan yang pas wktu kuliah, sedikitnya mendapat pencerahan.,

Syam mengatakan...

sama2 :D

Unknown mengatakan...

Thanks infonya bang.. Saya masih bingung nih, apa bedanya Sistem Informasi dengan Teknik Informatika? Mohon penjelasannya bang.. Kalau boleh, dijelasin lewat email saja yaa di wangga.kharisnu@gmail.com

Thanks

Syam mengatakan...

Apaaa yaaa , saya juga bingung jelasinnyaa :D
gw pernah ketemu anak SI trus ngobrol2, dia bilang belajar pemrograman juga tapi dari obrolannya sih ga sedalam di TI

Unknown mengatakan...

kak saya kan sekarang jurusan matematika, namun saya ingin pindah jurusan, krena dlam matematika pelajaran susah masuk, dan kakak saya menganjurkan masuk k TI, tpi d TI kan ktemu Matematika lgi dn apalagi ktemu bhsa inggris, saya takut gg bisa, krena matematika saya kurang dan sya tidak bisa sama sekali bhs.inggris,,,
tolong jawab ya kak? thank's

Syam mengatakan...

di TI ada matematika tapi ga terlalu dalem, paling susah juga cuma integral sama differensial, kalo bahasa inggrisnya paling susah juga cuma yang bikin surat2 formal pake bahasa inggris

ni bro gw jelasin, mau lu pilih jurusan apa juga pasti ketakutan akan selalu ada, putusin lu mau ke jurusan mana trus hadepin lah apa yang ada di depan lu. Saran gw, pintar2 cari temen yang bisa lu tanya2in di kampus, belajar lgsg dari temen biasanya lebih efektif daripada belajar di kelas sama dosen.



Unknown mengatakan...

Maaf kak, aku mau tanya, ada gak perbedaan antara teknologi informasi dengan teknik informatika, soalnya kalau cari definisi di om google, agak sulit di cerna kak

Anonim mengatakan...

Kak saya kan udah kelas 12 dan minat utk masuk Teknik Informatika. Cumaaaaaaa, saya gaboleh diluar kota. Jadi saya PTN coba di UI dan kalo gamasuk PTS. PTS nya disuruh di Trisakti. Cuma, kaka ada gak rekomendasi PTS yang bagus dalam bidang TI nya? Hehe makasih kak:)

Syam mengatakan...

samaa ajaaa, cara manusia untuk mengolah informasi secara efektif menggunakan teknik komputasi.

mungkin maksudnya gini teknologi informasi itu lebih ke produknya secara keseluruhan, contoh, TV, internet, radio, telepon, handphone, naah itu adalah produk dari teknologi informasi

kalo teknik informatika lebih ke metode/caranya dalam mengolah informasi, contoh ; untuk mengolah informasi menggnakan software database, bahasa pemrograman, aplikasi web, dll.

Syam mengatakan...

udaah dibales di email yaaa :)

Unknown mengatakan...

kak jurusan teknik informatika berarti bisa kerja dibagian IT juga lah ya kak??

Syam mengatakan...

Iyaa, Teknik Informatika sama IT sama aja

IT (Information Technology) = Teknik Informatika (TI)

The_Lexford mengatakan...

Denger denger kalo Teknik Informatika di matematikanya ada "Algoritma". menurut agan sulit atau engga?

Syam mengatakan...

algoritma itu alur untuk menyelesaikan suatu masalah, contohnya waktu semester awal belajar algoritma dari telepon umum (alur dari orang ketika menggunakan telepon umum dari awal sampe selesai).Nah waktu di semester akhir2 baru sedikit rumit, belajar algoritma dari sebuah processor, bagaimana cara processor memproses suatu operasi matematik. gitu

menurut ane, g terlalu sulit, seru malah

Mrs secret mengatakan...

kaak bener gak si kalo teknik informatika itu lebih ke teori tp kalo sistem informasi lebih ke ngerangcang/ngebuat komputer gitu? itu aku baca dari salah satu blog di google tp pas baca dari web lain pengertiannya beda lagi. jadi sebenernya gimana sih? aku takut salah pilih. btw TI itu banyak cewenya gakk?

Syam mengatakan...

ga tau deh kalo di SI gimana, kalo di TI ada teori ada praktek bikin program juga, lengkap

di kelasan gw ada belasan ceweny, lumayan banyak lah. tapi emang biasanya lebih banyak cowonya

bimantya mengatakan...

kak mau nanya nih,saya kan minat kuliah di TI tapi saya ngga begitu suka pelajaran matik apalagi yang rumit banget hitungannya.terus mnurut kakak saya masih bisa ngga kuliah di TI? & pelajran matiknya sulit ngga? terus kalo kuliah di TI harus belajar pemrograman kah?.terima kasih

Syam mengatakan...

@anak sandat, sama aja kayak matematika SMA, paling yang agak rumit cuma differensial, faktorial, susahan yg di SMA malah. iya pasti ada bahasa pemrogramannya

RyanPutro mengatakan...

Kak, saya kan mau masuk IT, tp saya belum terlalu mengerti tentang komputer, bisa ga yaaa saya nanti di IT??

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Thanks info nya kk ^_^
oia kk saya mau nanya, kenapa ya yang semenjak SMA nya jurusan IPS tidak bisa masuk Fakultas Teknik Informatika, hanya bisa masuk ke Fakultas Teknik Komputer.
padahal saya mau nya ke Teknik Informatika.

Syam mengatakan...

begitu dari sananya gan, Di TI fokusnya ke logika, jadi penjurusannya dari anak IPA. kalo teknik komputer fokusnya lebih ke perangkat kerasnya, jadi penjurusannya bisa dari IPS

Appin mengatakan...

mantap nih infonya.

Unknown mengatakan...

ijin copas ya bang . makasih banget infonya,sangat bermanfaat bagi mahasiswa baru seperti saya saat ini .
jangan lupa mampir ke blog ane ya bang ! suwun :)

Unknown mengatakan...

Kak mau tanya nih klau jurusan SMA nya jurusan bahasa, bisa masuk TI tdk kak ?

Syam mengatakan...

setau saya ga bisa , harus dari IPA

Unknown mengatakan...

Ka bisa gk sih kan saya baru masuk kuliah 3 hari saya ambil jurusan sk mau pindah ke ti bisa gk tuh tolong di jawab yh

Unknown mengatakan...

Blognya sangat bermanfaat sekali

myblog

Unknown mengatakan...

ka Mau Tanya nih ..saya penasaran dengan jurusan Informatika ,dan saya mau kuliyah di jurusan TI ..Masalah nya saya gak bisa matematika sama sekali ka,,tolong balas yah ka..

Syam mengatakan...

@khudri ga bisa gan

Esmeralda mengatakan...

terimakasih atas infonya bermanfaat sekali
Software Bimbel Mudah

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan baik, benar, dan sopan :D

 
;