1. Translasi - Pergeseran
2. Rotasi - Perputaran
3. Refleksi - Pencerminan
4. Dilatasi – Perbesaran
A. Pergeseran (Translasi)
Perpindahan titik-titik pada bidang dengan jarak dan arah tertentu yang diwakili oleh ruas garis berarah (vector).
Contoh pergeseran objek 3D menggunakan Blender adalah sebagai berikut :
Objek sebelum di transformasikan :

Setelah ditranslasikan dengan titik x=2, 7=2, z=1

2. Perputaran (Rotasi)
Transformasi yang memindahkan titik-titik dengan memutar titik-titik tersebut sejauh θ terhadap suatu titik pusat rotasi. Suatu rotasi dengan pusat P dan sudut rotasi θ dinotasikan dengan R (P, θ ).
Setelah dirotasi dengan x = 215, y = 90, z = 60 :
3. Pencerminan (Refleksi)
Transformasi yang memindahkan titik-titik dengan menggunakan sifat bayangan oleh suatu cermin.
4. Perbesaran (Dilatasi)
Transformasi yang mengubah jarak titik-titik dengan factor pengali tertentu terhadap suatu titik tertentu.
Perkalian atau dilatasi ini ditentukan oleh factor skala (k) dan pusat dilatasi.
Setelah di perbesar dengan skala (2,0.5,2) :

0 komentar :
Posting Komentar
Mari berkomentar dengan baik, benar, dan sopan :D