Selasa, 04 November 2014

Mari Lawan Kebencian & Prasangka



Mari Ikat Ukhuwah


Cukuplah Allah bagi kami yang menyuruh kami untuk  menjaga ukhuwah, tidak berprasangka buruk,  dan berbantah-bantahan
  
“Seorang mukmin terhadap mukmin (lainnya) bagaikan satu bangunan, satu sama lain saling menguatkan.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

"Barang siapa yang menutupi aib saudaranya muslim, Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat, dan barang siapa mengumbar aib saudaranya muslim, maka Allah akan mengumbar aibnya hingga terbukalah kejelekannya di dalam rumahnya." (HR. Ibnu Majah) 
 
“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian dari prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain,” (Al-Hujaraat: 12)

"Sesungguhnya orang yang paling dibenci Allah Ta'ala adalah orang yang suka berdebat" (HR. Bukhori dan Muslim)

“Tahukah kalian, apakah ghibah itu?” Para sahabat menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Ghibah adalah kamu membicarakan saudaramu mengenai sesuatu yang tidak dia sukai.” Seseorang bertanya, “Ya Rasulullah, bagaimanakah menurut engkau apabila apa yang saya bicarakan itu memang betul ada pada orang yang saya bicarakan itu?” Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Apabila benar apa yang kamu bicarakan itu ada padanya, maka berarti kamu telah mengghibahinya. Dan apabila yang kamu bicarakan itu tidak ada padanya, maka berarti kamu telah membuat-buat kebohongan terhadapnya.” (HR. Muslim no. 2589)


0 komentar :

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan baik, benar, dan sopan :D

 
;